Mimpi di Lorong Waktu

Oleh: Rudi Kismo

Tersedia untukku sebuah lorong waktu.

Aku tahu awal tapi tak tahu akhir dari lorong waktuku.
Sudah begitu jauh lorong waktu kutelusuri.
Di sepanjang lorong aku selalu bermimpi.
Kubingkai indah mimpi-mimpiku.
Sambil melangkah kugantungkan mimpi-mimpi di dindingnya.

Hari ini aku bermimpi, kubingkai, dan kugantung.
Hal yang sama terus kulakukan tiap kali bermimpi.
Aku berusaha keras untuk terus bermimpi.
Tak ingin dinding waktuku bercelah kosong tanpa mimpi.
Biar dinding lorong waktuku penuh dengan mimpi hingga akhir.

Saat aku berjalan kembali dari awal lorong waktu.
Kuamati tiap bingkai mimpiku.
Ada senyum, tawa, dan bahagia.
Wajah-wajah ceria yang kucinta.
Taman hati penuh mawar merah bertabur aroma melati.

Gambar kesedihan dan banjir air mata tersurat.
Kepala lesu tertekuk dalam.
Puing-puing kasih hancur tertimpa cemburu.
Langit kelam dan kilat meyambar.
Daun-daun kering berguguran, tunas cintapun pupus layu.

Terlihat jelas.
Saat aku jatuh, terpuruk, luka dan hancur.
Aku tertatih bangkit dan berdiri.
Demi sebongkah cinta tersalut embun sayang.
Kembali kuberdiri dan tantang mentari.

Ada banyak bingkai mimpi terjatuh.
Jatuh, retak, dan hancur saat aku berlari.
Aku berusaha keras merangkainya kembali.
Tapi bingkai dan mimpi tetap retak.
Aku hanya bisa menangis untuk itu.

Hari ini kembali aku bermimpi.
Esokpun aku akan bermimpi.
Walau tidak semua mimpiku indah.
Tapi, terus dan terus kukejar mimpi-mimpi.
Hingga aku tiba di akhir lorong waktu.

Dan…..
Saat itulah aku tahu jumlah dan arti mimpiku.
Tuhan akan membayar tunai mimpi-mimpi yang kupajang.

BEI, 18 Aug 2009 12:55

Leave a Reply

