Singapore Edition : Cari Hotel Murah

Pergi jalan-jalan ke daerah lain lebih dari satu hari sudah pasti harus menginap. Bagaimana cara cari penginapan di negara lain yang tidak dikenal daerahnya. Ini pengalaman yang menarik buat saya. Sebelumnya saya tidak pernah cari penginapan di luar negeri sendiri. Kantor sudah mencarikan hotel. Saya tinggal bawa tiket dan pergi jalan. Tiba di hotelpun tinggal check in tanpa susah payah mengurus administrasi hotel.

Sekarang saya harus mencari hotel sendiri. Kali ini ada tugas kantor ke Singapore. Kantor sudah menyediakan tiket hotel selama 5 hari plus tiket pesawat. Tiket pesawat saya minta dimundurkan 2 hari dari jadwal kepulangan saya sebelumnya. Rencananya setelah urusan kantor selesai saya mau cari hotel backpacker yang murah dan jalan-jalan murah pula di Singapore. Hotel tentu saja cari yang murah meriah berhubung bayar sendiri. Seorang teman yang baru pulang dari Singapore memberikan rekomendasi hotel dengan tarif lebih dari SGD 80. Masih mahal untuk saya. Saya perlu hotel hanya untuk tidur malam saja. Siang sudah pasti saya tidak akan tinggal di hotel.

Saya bertanya pada mBah Google dan beliau memberikan beberapa rekomendasi untuk mencari hotel lewat agen. Ada beberapa agen yang tersedia di internet seperti: http://www.hostelworld.com, http://www.hostels.com, dan http://www.agoda.com. Mungkin ada web agen lain selain web tersebut, tapi saya konsentrasi pada ketiga web agen tersebut. Di sini kita bisa menemukan banyak hotel dengan harga dari yang murah hingga yang mahal. Kondisi dan lokasi hotel digambarkan dengan sangat jelas. Bahkan ada orang bisa memberikan pendapat mereka di sini. Secara umum hotel yang sama akan ditawarkan dengan harga yang relatif sama oleh agen yang berbeda. Tinggal pilih hotel sesuai dengan selera kita.

Web agen akan memberikan tarif hotel dengan banyak sekali pilihan mata uang (currency). Tetapi rate (kursnya) relatif mahal sebagai contoh waktu saya mencari hotel ini (sekitar tgl 2-8 Oct 11) rate interbank 1 SGD = 6,850 IDR, sementara saya tukar uang di money changer 1 SGD = 7,000 IDR. Sedangkan di web agen 1 SGD = 7,160 IDR. Mereka ambil rate tinggi mungkin untuk menghindari kenaikan rate mata uang. Secara otomatis mereka terhindar dari resiko rugi selisih kurs mata uang.

Saat kita memesan hotel, web agen akan meminta untuk mengisikan informasi kartu kredit kita. Walau kita pilih mata uang SGD terakhir di kwitansi tetap tertulis tagihan dalam IDR. Bukan tagihan dalam SGD dan kemudian bank penerbit menagih kita dalam IDR. Tidak lama berselang agen akan mengirimi kita voucher hotel dan kwitansi. Kita tinggal bawa voucher hotel dan tunjukkan ke recepsionis hotel saat check in. Semuanya selesai.

Sebaiknya saat memesan hotel lewat web agen kita memakai nama yang persis sama dengan nama yang tertulis di passport. Kalau berbeda nama akan menyulitkan kita saat masuk hotel. Pihak hotel akan meminta kita untuk mengganti voucher hotel dengan nama yang sama dengan nama di passport. Agen http://www.agoda.com walau menyediakan layanan 24 jam x 7 hari, pelayanan mereka buruk. Ketika ada problem, mereka tidak cepat merespon email yang kita kirim, walau email sudah dikirim berulang kali.

Belakangan juga saya baru tahu, kalau kita sudah tahu hotel yang kita inginkan, lebih baik kita daftar langsung ke hotel tersebut via website. Nyatanya tarif hotel via agen tidak lebih murah dari pada langsung di website hotel. Harga sama persis, dan untuk hotel lebih menguntungkan karena tidak harus membayar agen fee.

Satu tambahan, ada baiknya punya satu kartu kredit untuk urusan transaksi di internet atau transaksi di luar negeri. Jangan gabung dengan urusan bayar membayar atau belanja harian di dalam negeri. Maksudnya jika kartu kredit kita dijebol orang di internet atau di luar negeri, dengan mudah kita tutup kartu kredit tersebut. Setelah ditutup transaksi dalam negeri (tagihan listrik, telp, pam, dan lain-lain) tidak terganggu. Aman

One Response to Singapore Edition : Cari Hotel Murah

  1. rully heriawan says:

    ada loh yang bisa book hotel via agoda tapi lebih murah dari harga agoda sendiri..liat di jalanjajansingapura.com, bisa di seluruh dunia loh

Leave a Reply

