Singapore Edition: Backpacker Hotel

Hotel di Singapore sangat banyak jumlahnya. Secara umum tarifnya mahal dibandingkan dengan kota-kota lain di Asia Tenggara, konon. Dari yang bertarif beberapa puluh Singapore Dollar hingga yang bertarif ratusan dollar per malam. Tapi untuk pelancong backpacker cukup cari hotel yang murah saja. Tidak usah mahal-mahal, yang penting bisa untuk tidur dengan tenang, beres untuk urusan mandi dan ke belakang. Yang lebih penting lagi mudah dijangkau atau dekat dengan sarana angkutan umum (MRT). Dengan demikian bisa mengurangi biaya tranportasi. Cita-cita jalan-jalan hemat bisa didapat.

Berdasarkan alasan di atas, saya mencari hotel yang dekat dengan keramaian dan dekat dengan sarana tranportasi umum. Dari mBah Google saya mendapatkan informasi beberapa hotel backpacker yang saya inginkan yaitu di kawasan Boat Quay dan Little India. Selain daerah ini menurut hemat saya jauh dari jangkauan sarana transportsi umum. Dari MRT Station harus naik taksi, tidak bisa jalan kaki.

Mbah Google mengatakan di kawasan Quay Boat (Clarke Quay) ada City Backpacker, Rucksack Inn, Rucksack Inn 2 (ketiganya di Hong Kong Street) dan Five Stones Hostel. Kawasan ini benar-benar berada di kawasan central businness. Di kawasan Little India ada Checker Inn dan Footprints Hotel. Semua hotel ini bertarif kurang dari SGD 30 sebelum pajak.

Secara umum hotel-hotel ini tipe dormitory (asrama). Satu kamar berisi beberapa tempat tidur susun. Harus rela sekamar dengan orang lain yang tidak kita kenal sebelumnya. Wc dan kamar mandi ada di luar kamar dan dipakai beramai-ramai pula. Pengunjung/tamu hotel harus rela antri dan bergantian ke kamar mandi. Fasilitas mesin cuci, pantry, internet juga berada di ruang publik dan dipakai bersama-sama.

Hotel menyediakan sarapan pagi. Tersedia kopi dan teh instant, roti tawar dengan selai kacang. Telor mentah tersedia dan silahkan goreng sendiri. Air putih banyak. Menu sarapan harus disiapkan sendiri. Jangan berharap dan bermimpi ada pelayan yang mempersiapkan sarapan kita. Selesai sarapanpun kita harus mencuci sendiri semua gelas dan piring yang kita pakai.

Setelah mencari referensi di internet akhirnya saya memilih Checker Hotel di kawasan Little India. Rasanya hotel ini paling nyaman. Langsung voucher hotel saya pesan via http://www.agoda.com. Dalam hitungan menit voucher hotelpun langsung ke masuk ke email.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s