GPS di Blackberry

Saat ini mobile device sudah bukan barang yang langka dan aneh. Hampir semua orang sudah memilik mobile device. Dulu alat ini digunakan untuk sarana komunikasi. Tetapi seiring dengan tuntutan jaman fasilitas yang ada di mobile device semakin bervariasi. Bukan hanya untuk bertelefon dan berkirim pesan singkat saja, kini bisa digunakan untuk mendengarkan radio/musik, memotret, penunjuk arah, bahkan penentu lokasi. Hampir semua fasilitas standar tertanam pada mobile device.

Salah satu mobile device yang sangat populer di Indonesia adalah Blackberry (BB). Rasanya Blackberry sudah merajai mobile device di negeri ini. Fasilitasnyapun relatif lengkap. Mulai dari telepon, pesan singkat, Blackberry Mesengger, kamera, pemutar musik, dan Global Positioning System (GPS). Tidak semua fasilitas ini disudah digunakan secara optimal bahkan dilupakan oleh pemilik BB. Contohnya GPS, module ini sangat berguna untuk menentukan lokasi suatu titik (kordinat dan ketinggian). Hanya saja diperlukan program lain untuk mengoptimalkan module ini. Ada beberapa pilihan program yang dapat digunakan. Program-program ini dengan mudah didapatkan di internet atau di Blackberry Application World. Salah satu program yang saya suka dan saya gunakan adalah GPS Logger II keluaran Emacberry. Program ini dapat di-install di BB dengan gratis tanpa bayar apa-apa, kecuali kalau kita mau melakukan donasi secara sukarela.

Cara install di BB sangat mudah termasuk untuk orang awam sekalipun. Tinggal mengikuti perintah yang tertulis. Setelah program terinstall dan BB mendapatkan sinyal GPS, di layar akan muncul peta dan titik lokasi BB berada.

Berikut ini beberapa contoh screenshot aplikasi GPS Logger II

GPS Logger memiliki kemampuan tracking. Semua titik yang dilalui akan disimpan (logging). Titik-tittik ini akan dihubungkan sehingga membentuk sebuah track. Track akan tersimpan di memory card dan dengan mudah data ini di-restore dikemudian hari. Track juga bisa dengan mudah di export ke mail dalam format gpx file (GPS eXchange Format) dan kml file (Keyhole Markup Language File). File gpx format dapat upload ke BB lain atau GPS device seperti Garmin bahkan di sharing di web via http://www.everytrail.com. Dari web ini track dapat di-download kemudian track di-upload ke BB atau Garmin device. Saat ini begitu mudahnya untuk berbagi file track.

Untuk file kml dapat dibuka lewat Google Earth. Track yang ada dengan mudah dianalisa di Google Earth.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s