Bersepeda Jawa-Bali: Sebuah Catatan Bikepacker (Hari ke 1-b)

Jalan terus menurun dan tidak perlu menggowes sepeda sama sekali. Masih di jalan ini, saya tidak ingat pasti di titik mana ketika sepeda motor dari belakang dan menyalip saya sambil membunyikan klakson. Apakah saya salah ataukah saya terlalu ke tengah jalan? Ternyata tangan kiri pemotor mengajukan jempol ke arah saya. Saya yang sebelumnya kaget dengan suara klakson sekarang kaget karena mendapat ajungan jempol. Hahahahaha …. Sebagai balasannya saya membunyikan bel sepeda. Terima kasih, Bro !…

Rasanya tidak lebih dari 30 menit saya sudah sampai di pasar Cipanas. Sampai di sini hari mulai gelap, berarti harus segera mencari tempat menginap. Setelah melewati Istana Presiden Cipanas, sempat saya tanyakan lokasi kantor polisi terdekat pada seorang bapak di pinggir jalan. Sang bapak memberi tahu, ada kantor polisi setelah tikungan Tapal Kuda. Jaraknyapun cukup jauh dari sini kata sang bapak. Kembali sepeda saya gowes ke arah Cianjur. Hari semakin gelap. Dalam hati saya berdoa agar segera mendapatkan tempat menginap. Tidak lama berselang, saya menjumpai pom bensin (SPBU). Tanpa pikir panjang lagi saya berhenti di sini dan minta izin kepada petugas untuk menginap di sini. Tidak perlu menanggung resiko kemalaman di jalan demi mencari penginapan di kantor polisi. Kalau di pom bensin ini tidak boleh numpang menginap baru jalan lagi ke kantor polisi. Beruntung, petugas pom bensin SPBU 34.43208 Penyaweuyan (Fitri dan Nur) memberi izin untuk menginap di sini. Pom bensin ini berada di desa Ciherang, kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur.

SPBU 34.43208 Penyaweuyan, Desa Ciherang, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

SPBU 34.43208 Penyaweuyan, Desa Ciherang, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

Segera sepeda saya bawa ke teras kantor pom bensin yang berada beberapa meter lebih tinggi dari stasiun pengisian bahan bakar. Setelah memarkirkan sepeda di teras/emperan kantor, muatan sepeda saya bongkar. Yang pertama saya keluarkan adalah alat mandi. Mandi di tempat ini cukup nyaman. Airnya dingin dan berlimpah serta kebersihan kamar mandi terjaga dengan baik. Selesai mandi badan terasa bersih dan segar. Nyaman rasanya. Kembali ke teras dan langsung saya gelar karpet tidur untuk duduk sambil membuat catatan-catatan kecil tentang perjalanan hari ini. Kira-kira pukul 20:00 sleeping bag saya buka dan mulai merebahkan badan dia atas karpet tidur. Walau sudah memakai baju tidur double dan bercelana panjang trainning udara masih terasa dingin. Untuk menahan udara yang lebih dingin di malam hari dan menghindari gigitan nyamuk, seluruh badan saya masukkan ke dalam sleeping bag. Lumayan juga sleeping bag ini, cukup baik dalam memberikan kehangatan. Matapun saya tutup dengan neck tube/buff untuk menghindari cahaya. Jadi kalau mata terbuka tidak akan langsung kena cahaya. Tak lama kemudian saya sudah tertidur. Di tengah malam saya dibangun oleh petugas pom bensin untuk pindah ke dalam kantor yang lebih hangat. Dengan halus saya tolak karena saya di luarpun tidak berasa dingin. Dan yang lebih penting lagi, saya dekat dengan sepeda saya. Karena selama tidur kaki saya sentuhkan di roda sepeda. Jadi kalau ada pergerakan di sepeda dengan mudah saya akan terbangun.

Teras tempat tidur

Teras tempat tidur

Untuk alasan keamanan sepeda saya kunci. Demikian juga dengan tas pannier, saya kunci dengan gembok kecil. Tidurpun sebisa mungkin dekat dengan sepeda. Pakaian yang saya pakai siang tadi saya cuci dan saya gelar semua di atas sepeda. Dengan cara ini orang yang melihatnya sepeda tidak akan tertarik untuk mengambil karena penuh dengan jemuran. Biar kelihatan kumuh. Hehehehe …. Dan yang terakhir, pasrah dan berserah pada yang Di Atas. “Tuhan saya mau tidur, saya serahkan semuanya ke dalam tanganMu”. Lalu lupakan tentang maling dan kembali fokus ke tidur. Dan akhirnya tertidur.

Ada beberapa catatan yang perlu saya lampirkan yaitu pengeluaran hari ini dan data yang dikeluarkan oleh speedo meter Cateye Velo 9.

Data pengeluaran (dalam rupiah) adalah sebagai berikut:

Nasi uduk + 4 gorengan + teh tawar

6,500

Roti sobek

5,000

Pocari Sweat

7,000

Indomie rebus

10,000

Kopi susu

8,000

Mandi (toilet)

4,000

Total :

40,500

Data speedo meter Cateye Velo 9 adalah sebagai berikut:

TM (Elapsed Time)

8:15:00

DST (Trip Distance in km)

86.53

AV (Everage Speed in km/hr)

10.4

MX (Maximum Speed in km/hr)

53.9

CAL (Calorie Consumption in kcal)

922

CO2 (Carbon Offset in kg)

12.96

ODO (Total Distance in km)

86

 

Gedung BEJ, 19 Juli 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s