Bersepeda Jawa-Bali: Sebuah Catatan Bikepacker (Hari ke 11-c)

Sekarang kondisinya sudah berubah. Di sini sekarang sudah ada jalur underpass. Bentuknya sudah berubah dan berbeda dengan bayangan saya. Dengan susah payah akhirnya saya menemukan jalan ke arah Pantai Kuta. Dari arah Jl. By Pass Ngurah Rai belok kiri. Tidak jauh dari sini putar balik. Dari putaran balik kira-kira 500 meter ada jalan ke arah kiri, itulah jalan ke arah Pantai Kuta. Setelah belokan ini jalur jalan sangat banyak ditemui dengan perempatan yang ramai. Kondisi ini sangat awam untuk saya. Mau tidak mau saya harus bertanya pada warga sekitar. Tepat di pertigaan besar saya berhenti dan bertanya kepada petugas parkir sebuah toko.

“Mas, toko kaos Dagadu di mana?”

“Di Jogja” jawabnya pendek. Wah, bodoh sekali saya rupanya. Konsentrasi saya sudah hilang dan saya sudah tidak bisa berfikir dengan jernih lagi.

“Eehh, kaos Joger maksud saya.” Petugas parkir itu tersenyum. Kemudian ia menunjukan jalan yang harus saya ambil. Tak lupa ia mengucapkan agar saya berhati-hati. Jalan yang ditunjukkan saya susuri. Di sini benar-benar saya tidak kenal jalan. Banyak jalan-jalan kecil yang ramai dan penuh dengan perempatan. Dengan bertanya beberapa kali pada warga sekitar, akhirnya saya sampai juga di Toko Joger. Sepeda saya parkirkan dan cepat-cepat saya masuk toko. Hari mulai gelap, tampaknya hujan akan segera turun. Kalau bisa secepatnya saya sampai ke Pantai Kuta sebelum hujan turun. Setelah mendapatkan kaos yang saya cari saya segera keluar toko. Sebelum saya gowes sepeda saya tanyakan arah jalan ke pantai Kuta kepada petugas parkir di toko ini. Setelah tahu arah yang benar, sepeda kembali saya gowes. Jalan di kawasan Kuta ini relatif sempit dan (sekali lagi) banyak perempatan jalan yang padat. Untuk sampai Pantai Kuta saya sempat bertanya beberapa kali di sepanjang jalan ini.

Toko Joger, Kuta, Bali

Toko Joger, Kuta, Bali

Akhirnya sampai juga saya di Pantai Kuta. Yang pertama saya lakukan adalah membuat beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Halaman depan Hard Rock Café Kuta tampaknya menjadi landmark yang baik untuk berfoto. Buktinnya beberapa orang asyik membuat foto diri di tempat ini secara bergilir. Sayapun tidak mau ketinggalan untuk berfoto selfie di tempat ini. Beruntung juga ada bule yang berbaik hati da menawarkan untuk memotret saya bersama dengan sepeda. Tawaran oom bule ini saya terima dengan senang hati. Selesai foto di depan Hard Rock Café, sepeda saya tuntun ke pantai yang berpasir. Saya ambil waktu sejenak untuk beristirahat sambil menikmati suasana sekitar yang ramai ini. Tampak banyak orang berenang di laut. Beberapa anak berlarian di garis pantai menghindari ombak yang datang. Di sisi kanan belakang ada beberapa penjual minuman dan penjual jasa penyewaan papan selancar. Secara garis besar suasana di pantai ini relatif ramai.

Halaman Hard Rock Cafe, Kuta, Bali

Halaman Hard Rock Cafe, Kuta, Bali

Halaman Hard Rock Cafe, Kuta, Bali

Halaman Hard Rock Cafe, Kuta, Bali

Di seberang laut tampak mendung semakin tebal. Warna hitam semakin pekat tanda akan turun hujan. Segera saya membuat beberapa foto sebelum hujan benar-benar turun. Selesai membuat foto sepeda kembali saya tuntun ke arah luar pantai menuju jalan raya. Sambil menikmati suasana jalan Pantai Kuta ini, sepeda tetap saya tuntun di sepanjang trotoar. Mendekati ujung pantai yang lain (di depan Circle K mini market) ada penjaja kopi yang menawarkan kopi Bali. Kopi yang dijajakan adalah jenis kopi tubruk dengan kopi asli dari Bali (katanya). Saya pesan satu gelas. Berhubung panas, terpaksa saya menunggu kopi hingga cukup hangat untuk bisa diminum. Dengan demikian saya harus berhenti lagi. Saya berada di seputaran Pantai Kuta selama kurang lebih1.5 jam.

Suasana Pantai Kuta, Bali

Suasana Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta, Bali

 

bersambung …

Leave a Reply

